-Z BLOG-

-Z BLOG-

Random Posts

Home » , , , » 5 Antivirus Portabel yang handal dan gratis

5 Antivirus Portabel yang handal dan gratis

Penulis: Oik Yusuf | Rabu, 27 Februari 2013 | 09.57 WIB

z blog - Kekhawatiran utama saat menggunakan komputer yang bukan milik pribadi adalah virus atau program berbahaya lainnya yang mungkin menjangkiti komputer tersebut.

Ada kalanya pula, antivirus yang terpasang di komputer yang bersangkutan tidak cukup untuk menangkal virus, misalnya karena jarang di-update. Selain itu, mungkin juga komputer tersebut sudah terinfeksi sedemikian parahnya sehingga tak mampu berjalan dengan lancar.

Dalam kasus-kasus seperti itu, antivirus portabel yang bisa dibawa-bawa dalam media penyimpanan eksternal, seperti USB flash drive, dapat membantu.

Pengguna tak perlu meng-install seperti halnya antivirus konvensional, tetapi cukup menjalankan antivirus portabel langsung dari media penyimpanan.

Nah, berikut ini daftar lima jenis produk antivirus portabel yang keandalannya sudah teruji dan bisa diperoleh secara gratis, sebagaimana dikutip dari Tech Republic:

1. ClamWin Portable

Seperti versi konvensionalnya, ClamWin Portable adalah antivirus open source yang bisa diperoleh secara cuma-cuma, tapi memiliki kemampuan membasmi virus yang mumpuni.

ClamWin Portable memiliki tingkat deteksi virus yang sangat tinggi dan mengusung grafis antarmuka yang bersahabat. Pembuatnya pun rajin memperbarui database definisi virus.

Satu kekurangannya adalah tidak menyediakan fasilitas real-time scanning, tapi hal tersebut sama sekali bukan masalah untuk antivirus portabel yang memang tidak ditujukan untuk pengawasan secara berkelanjutan.

2. Sophos Anti Rootkit Portable

Inilah salah satu jenis software yang enggan dipakai oleh pengguna kalau tidak benar-benar terpaksa. Namun ketika dibutuhkan, software buatan Sophos ini memiliki "penciuman" sangat tajam yang mampu mengendus dan membuang rootkit, bahkan ketika PC tengah digunakan.

Sophos Anti Rootkit Portable 100 persen gratis serta dapat berjalan di Windows XP, Vista, dan Windows 7. Software ini pun bisa berjalan berdampingan dengan antivirus lain.

3. Emsisoft Free Emergency Toolkit

Software yang satu ini adalah tool pembasmi malware yang bisa mendeteksi dan membersihkan lebih dari 6 juta jenis ancaman komputer. Emsisoft Free Emergency Toolkit memiliki GUI dan mode command line, jadi pengguna tetap bisa memakainya walaupun grafis antarmuka tidak bisa diakses.

Selain anti-malware, pengguna juga akan mendapat tool deteksi spyware HiJackFree dan pembersih locked files BlitzBank dalam paket Emsisoft Free Emergency Toolkit. Rangkaian software ini bisa di-download gratis, tapi pengguna juga bisa membeli USB flash drive yang berisi kompilasi aplikasi-aplikasi tersebut.

4. Vipre Rescue

Ketika infeksi malware sudah sangat parah, Anda membutuhkan software pembersih yang mampu berjalan tanpa GUI. Itulah Vipre Rescue. Perangkat lunak command window yang berjalan di Safe Mode ini hanya perlu di-klik sekali sebelum mulai men-scan sistem dengan kecepatan luar biasa.

5. Spybot Search and Destroy portable.

Versi portabel dari Spybot Search and Destroy yang sangat populer. Sesuai namanya, tool ini memiliki kemampuan yang bisa diandalkan dalam hal mencari dan menghancurkan program berbahaya di komputer.

Salah satu fitur unik Spybot adalah kemampuan backup registry Windows sebelum memulai proses scanning untuk berjaga-jaga apabila registry Windows mengalami kerusakan selama proses pembersihan.

Editor: Reza Wahyudi
sumber : tekno.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar