-Z BLOG-

-Z BLOG-

Random Posts

Home » » 5 Software Mind Mapping Gratis

5 Software Mind Mapping Gratis

z blog - Mind Mapping adalah metode visualisasi, ide, pikiran dan rencana yang dituangkan dalam bentuk gambar / diagram atau bisa juga dalam bentuk tulisan yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Mind mapping dapat mempermudah kita dalam berbagai macam hal. Seperti mempermudah kita dalam memvisualisasikan pikiran dan rencana, membuat diagram flowchart, membuat peta pikiran / peta konsep dan lain lain. Kita sebagai pelajar, mahasiswa, penulis, pengusaha, dan profesi lainnya dapat lebih mudah membuat mind map dengan software software mind mapping yang gratis alias tidak berbayar. Kita orang Indonesia kan suka yang gratis gratis -_-

Berikut 5 Software Mind Mapping Gratis :

1. XMind

XMind, software mind mapping satu ini ukuran file nya cukup besar, tapi juga tidak sampai 50mb. Tampilannya menarik, sederhana dan tidak membosankan. Xmind memiliki fitur yang cukup bagus, Fasilitas untuk mengekspor mind map menjadi file HTML, PNG, GIF, JPEG, dan BMP memudahkan Anda untuk mengonversi mind map ke format apapun. Untuk diunggah ke web, tinggal diubah saja menjadi HTML.


2. FreeMind

FreeMind ini cukup sederhana, beberapa fitur juga lengkap. Beberapa bidang bidang yang dibantu oleh software ini adalah information, knowledge basic, essay, project, database, bookmarked internet, dan internet based research.


3. SmartDraw

SmartDraw, Software mind mapping satu ini juga tidak mau kalah. Terdapat fitur lebih yang tidak ada di software mind mapping lainnya  yaitu dapat membuat tingkatan proses dan dapat melakukan zoom pada setiap prosesnya dan juga saat membuat diagram, koneksi antarbidang dibuat secara otomartis.


4. Edraw MindMap


Cara membuat mind map dengan Edraw MindMap tergolong sangat mudah. Hal ini karena Edraw MindMap merupakan software pembuat mind map instan yang dilengkapi dengan fitur Smart Drawing Guide. Dilengkapi dengan banyak sekali template, style, efek dan banyak contoh mind map dalam berbagai topik, membuat Edraw MindMap menjadi software Mind Mapping yang cocok bagi pemula.

Selain karena kemudahannya, Edraw MindMap juga sering dipilih karena sudah terintegrasi dengan Microsoft Office.



5. MindMeister


Sebenarnya MindMeister bukanlah sebuah software, tetapi merupakan sebuah web aplikasi yang menyediakan layanan Mind Mapping online. Dengan mendaftarkan diri anda secara gratis, anda bisa menikmati fitur import, collaborate, share serta layanan MindMeister hingga 3 mind map.

Kelebihan layanan Mind Map online dibandingkan dengan software Mind Map adalah kemampuannya untuk mengkolaborasikan Mind Map dengan teman atau tim kerja anda. MindMeister mendukung juga untuk beberapa perangkat mobile seperti iPad, iPhone serta Android.

0 komentar:

Posting Komentar